Makalah Makna, Unsur, Dan Fungsi Media atau Alat
Komunikasi
Oleh: Herif De Rifhara
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah, Tuhan yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun
yang membahayakan, baik yang di bumi maupun di langit. Dialah yang Maha
Mendengar dan Maha Mengetahui. Tuhan yang menciptakan manusia
dengan segumpal darah yang mengajarkan manusia apa yang tidak diketahui manusia
dengan media kalam.
Salawat dan salam ke atas Nabi besar kita, Nabi yang terakhir yang di utus
untuk menyampaikan dan mengajarkan ilmu, melalui media yang beliau terima dari
Tuhannya untuk manusia. Semoga kita mendapatkan syafaat dari beliau, dari Nabi
dan Rasul akhir zaman, Muhammad Saw. Salawat dan
salam semoga tercurahkan juga ke atas para keluarga, sahabat, dan
pengikut-pengikut Nabi Muhammad Saw yang setia, sampai pengikut-pengikut beliau
Saw yang ada di akhir zaman.
Adapun bahasan yang kami bahas dalam
makalah ini adalah membahas Makna, Unsur, Dan Fungsi Media atau Alat
Komunikasi, dalam mata kuliah Pengembangan Media Pengajaran, sebagai dosen
pemimbing Bapak Drs. Abu Samah, MH.
Semoga apa yang kami susun ini bermanfaat bagi kita semua terutama bagi
calon-calon guru yang akan terjun nantinya ke dunia pendidikan.
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Pengaruh media
dalam aktifitas belajar dan mengajar, sangat berpengaruh besar dalam dunia
pendidikan, dikarenakan peran yang dipegang oleh media atau alat tersebut
penting demi pemahaman peserta didik. Terutama media atau alat komunikasi yang
berperan di setiap aktifitas manusia.
“Pada dasarnya komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan dari
seseorang kepada orang lain (seperti guru kepada muridnya), sehingga yang
menerima pesan itu memperoleh pemahaman yang sama seperti yang menyampaikan
pesan, dengan suatu tujuan tertentu. Pesan itu dapat berupa konsep, maksud atau
pendapat yang disampaikan melalui berbagai media seperti bahasa, tanda-tanda
atau alat lain yang berfungsi serupa.” (Drs. Abu Samah, MH, 2010-2011:23).
Jadi komunikasi menurut kami adalah alat atau media yang menghubungkan
individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, individu dengan kelompok,
dan kelompok dengan individu, yang saling pengaruh mempengaruhi. Dengan media
komunikasi yang baik, segala tujuan-tujuan dan maksud-maksud tertentu Insya
Allah terlaksana/terwujud. Menurut Drs Abu Samah. MH “Demikian pula komunikasi
dalam interaksi edukatif atau pendidikan membutuhkan media, yang banyak dikenal
dengan istilah media pendidikan atau yang umum disebut dengan alat bantu
pengajaran. Dengan alat bantu tersebut (komunikasi) diharapkan tercapainya
cita-cita pendidikan nasional.” (Drs. Abu Samah, MH, 2010-2011:23). Dan oleh
karena itu, pendidik harus mengetahui makna Media Komunikasi dan Fungsi Media
Komunikasi dalam pendidikan.
MASALAH
Dalam pembahasan yang tentunya berhubungan dengan pendidikan ini akan
membahas mengenai Makna Media Komunikasi, dan Fungsi Media Komunikasi (dimulai dari Fungsi Edukatif, Sosial, Ekonomis,
Politis, dan dalam Seni dan Budaya). Yang kami ringkas dari tulisan Drs.
Abu Samah, MH, Media Dalam Pendidikan : 2010/2011.
TUJUAN
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan Media
Pengajaran. Sebagai dosen pemimbing mata kuliah ini, Bapak Drs. Abu Samah, MH.
MANFAAT
Selain untuk
memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan Media Pengajaran. Penyusunan makalah
ini bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan calon pendidik yang nantinya akan
terjun ke dunia pendidikan. Calon pendidik yang akan terjun ke dunia pendidikan
harus mengetahui media dalam pembelajaran, dan media tersebut dalam makalah ini
adalah media atau alat komunikasi. Jadi calon pendidik harus mengetahui,
memahami, serta memilih komunikasi yang baik dalam peroses belajar dan
mengajar, nantinya.
*******
BAB II
PEMBAHASAN
1. MAKNA DAN UNSUR
MEDIA KOMUNIKASI
Terjadinya
berbagai komunikasi dalam masyarakat, maka kelompok-kelompok sosial masyarakat
melakukan berbagai kegiatan atau tingkah laku sosial yang memungkinkan tercapai
tujuan-tujuan tertentu sesuai dengan kehendak kelompok masyarakat yang
bersangkutan. Bentuk-bentuk komunikasi itu berlaku dalam semua bentuk hubungan
sosial sesuai dengan struktur dan fungsi masyarakat masing-masing. Demikian
pulalah hal itu berlangsung pada masyarakat sekolah dalam bentuk komunikasi
interaksi edukatif antara murid dan guru.
Kalau dianalisis,
sekurang-kurangnya terdapat tiga unsur untuk mewujudkan komunikasi yang
dimaksud, yaitu:
1. Sumber (a source)
2. Pesan (the message) dan
3. Tujuan (the destination)
Sehubungan dengan teori tentang proses komunikasi tersebut Wilbur Schramm
menggunakan empat macam istilah yaitu:
(1) Message adalah
hal-hal yang merupakan kabar atau berita, penerangan-penerangan,
pertanyaan-pertanyaan dan sebagainya.
(2) Decoder adalah
orang atau pihak yang menerima kabar atau berita (message).
(3) Interpreter adalah
orang atau siswa (decorder) yang kemudian mengadakan pertimbangan-pertimbangan
atau penafsiran-penafsiran dan sebagainya atas message yang diterima.
(4) Endecoder adalah
decoder (siswa) yang bertindak menyampaikan hasil-hasil dari pada interpretasinya
atau penafsiran-penafsirannya tadi.
Hasil-hasil interpretasi tersebut kembali lagi sebagi message yang
selanjutnya message itu diteruskan kepada decorder. Decorder kemudian
mengadakan interpretasi lagi (interpreter) dan selanjutnya interpreter ini
mengkode kembali message tadi (encoder) demikian seterusnya berlangsung.
Peningkatan dan pengembangan pendidikan amat bergantung kepada faktor
penunjang yaitu sarana dan prasarana. Dengan kata lain bahwa interaksi
komunikasi edukatif dimungkinkan berjalan dengan lancar dan mencapai hasil
maksimal jika menggunkan media komunikasi.
2. FUNGSI MEDIA KOMUNIKASI
Begitu banyaknya fungsi media komunikasi,
diantara fungsi media komunikasi yang dimasksud adalah fungsi edukatif, sosial,
ekonomis, politis, dan fungsi sebagai seni budaya.
a. Fungsi Media
Sebagai Edukatif
Fungsi edukatif
yang dimaksud disini adalah fungsi dalam mendidik. Mendidik merupakan fungsi
utama dari media komunikasi yang memberikan pengaruh-pengaruh yang bersifat mendidik
atau mengandung unsur-unsur pendidikan dan diarahkan untuk mencapi
tujuan-tujuan pembangunan masyarakat. Pendidikan berlangsung pada semua
interaksi sosial baik formal maupun non formal.
Media pendidikan, bukan saja dapat digunakan sebagai alat bantu pengajaran,
melainkan juga ikut membentuk pengalaman-pengalaman baru yang penuh makna bagi
siswa. Secara keseluruhan media pendidikan baik langsung maupun tidak langsung
merupakan sumber pengalaman belajar dan berfungsi mendidik.
b. Fungsi Media
Komunikasi Secara Sosial
Media komunikasi
selain memberikan informasi dan pengalaman dalam berbagai bidang kehidupan juga
meratakan konsep atau pengertian kepada setiap orang yang berkomunikasi.
Pengaruh pemerataan ini akan memperluas pergaulan, pengenalan dan pengalaman
tentang manusia dan segala hal-hal yang bersangkut paut dengannya, seperti adat
istiadat, cara bergaul, daerah tempat tinggal dan sebagainya.
Dengan adanya
fungsi sosial tersebutlah maka pembangunan sarana media komunikasi massa
seperti radio, televisi dan internet mendapat prioritas, karena jangkauan yang
luas dan merata, khususnya dalam abad teknologi sekarang ini. Pengaruh
teknologi komunikasi tersebut sangat besar dalam dunia pendidikan, terutama
dalam rangka mempersatukan dan membina saling pengertian di antara para anggota
masyarakat bangsa dalam arti sosial. Dengan demikian, media komunikasi
merupakan alat sosialisasi untuk menyatukan pandangan hidup dan meratakan
berbagai konsep dari berbagai bidang kehidupan masyarakat bangsa.
c. Fungsi Media
Komunikasi Secara Ekonomis
Dapat dilihat pada
dunia industri dan perdagangan. Media komunikasi untuk mempengaruhi massa
(konsumen). Media komonikasi telah memberikan sumbangan yang besar terhadap keberhasilan
para usahawan dalam rangka mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya.
Dengan demikian
media komunikasi telah dipakai secara cermat, baik dalam meningkatkan produksi
melalui pembinaan prestasi kerja maupun dalam rangka promosi dan pemasaran
produksi keberbagai penjuru dunia. Dalam dunia pendidikan telah menikmati nilai
ekonomis tersebut.
d. Fungsi Media
Secara Politis
Yang dimaksud
disini adalah politik pembangunan bangsa, baik pembangunan fisik meteril maupun
pembangunan mental spiritual.
Media komnikasi
digunakan oleh penguasa pendidikan untuk menyatukan pandangan pengajaran,
sehingga antara pusat dan daerah sampai kelembaga pendidikan tidak terdapat
perbedaan atau penyimpangan-penyimpangan yang berarti dalam pelaksanaan
pengajaran.
e. Fungsi Media
Komunikasi dalam Seni dan Budaya
Dengan kemajuan ilmu dan teknologi yang sangat cepat bukan saja telah
memungkinkan timbulnya ciptaan-ciptaan baru yang merupakan ciri dari
perkembangan kemajuan seni budaya manusia, melainkan juga sekaligus telah
meningkatkan taraf kesejahteraan umat manusia. Ciptaan-ciptaan baru itu berlagu
juga dalam bidang teknologi kemediaan, sehingga dewasa ini banyak dapat
dijumpai alat-alat yang modern yang dapat memberikan efisiensi dan efektifitas
yang tinggi dalam bidang komunikasi.
Dengan menggunakan media yang canggih, maka penyebaran
seni budaya dimungkinkan berkembang secara cepat dan mantap sehingga
perubahan-perubahan kehidupan dalam hampir dalam segi kebudayaan manusia tidak
dapat ditahan-tahan lagi. Proses interaksi telah berlangsung sedemikian rupa
seolah-olah dunia ini telah menjadi bertambah sempit dan dinding-dinding
pembatas bangsa menjadi goyah karenanya.
Dalam bidang pendidikan hal itu memungkinkan siswa dapat menangkap dan
mengenal bermacam-macam seni budaya manusia, melainkan juga dapat mendorong
siswa untuk mencipta dan menyesuaikan dirinya dengan berbagai perubahan yang
amat cepat datangnya karena kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
BAB III
PENUTUP
Dengan adanya komonikasi, memungkinkan kegiatan belajar dan mengajar baik
di sekolah maupun di luar sekolah berjalan lancar, dan cita-cita bangsa ini pun
tercapai. Apalagi dengan adanya teknologi komunikasi yang
semakin cermelang yang karenanya membantu kegiatan pendidikan manusia berjalan
baik.
KESIMPULAN DAN
PENUTUP
Media komunikasi merupakan hal yang terpenting bagi kehidupan manusia,
disegala aspek aktivitas manusia tersebut. Tidak hanya manusia tetapi juga
makhluk-makhluk lain, membutuhkan media atau alat komunikasi untuk menyampaikan
apa yang hendak disampaikannya, atau disebut dengan menyampaikan pesan. Menurut
Drs. Abu Samah. MH, “Pesan itu dapat berupa konsep, maksud atau pendapat yang
disampaikan melalui berbagai media seperti bahasa, tanda-tanda atau alat-alat
lain yang berfungsi serupa. (Drs. Abu Samah, MH, 2010-2011:23).
Demikianlah pembahasan makalah kami yang diringkas semuanya dari buku
tulisan Drs Abu Samah, MH, buku yang berjudul Media Dalam Pendidikan. Kritik
dan saran kami harapkan dari pembaca, agar kedepan kami bisa belajar dari
kesalahan-kesalahan yang ada sekarang ini.
DAFTAR KEPUSTAKAAN
Diringkas
sepenuhnya dari buku karangan Drs. Abu Samah, MH, Media Dalam
Pendidikan, (FAI UIR :
2010/2011).
No comments:
Post a Comment