Friday, April 2, 2021

CERMIN DIRI, Janji-Mu

 Herlela Ningsih

 

CERMIN DIRI

 

Sebuah buku mengajakku kembali

melihat jejak diistanamu

memandang hijau dedaunan

meniti rerumputan

nan bak sulaman permadani

 

tak pernah hati kan dendam

dihantui rindu terpendam

tak akan jiwa menggugat

kan patahkan semangat

 

diraga cermin diri berkaca

terciptalah segala cantik

renda pelangi warna warni

 

jalan mana kau lalui

terkuak antarkan hari-hari

putihlah citra

bahanalah

berdenginglah

diantara kebisingan dunia.

 

Pekanbaru, September 1985








Herlela Ningsih

 

JANJI-MU

 

Berangkat kami pada ombak yang diam

agar kami nikmati birunya laut

berangkatkan kami pada ombak yang tenang

agar kami resapi putihnya buih

berangkatkan kami dalam bimbingan-Mu

agar kami tidak tersesat menatap haluan

 

dalam memilih corak awan

sebagai pegangan

menuju kebahagian abadi

janji-Mu

 

Pekanbaru, 7 Juni 1989

Sunday, February 24, 2019

Masalah Di Dalam Kurikulum 2013


Masalah Di Dalam Kurikulum 2013
Sudah diterbitkan di Riau Pos 25 Desember 2014


Herif De Rifhara
Mahasiswa Pasca Sarjana UIN Suska Riau
Jurusan Pendidikan Agama Islam.
Lulus 2015

Belajar Dari Saudi


Belajar Dari Saudi
Ditulis oleh Herif De Rifhara
Mahasiswa S.2 UIN Suska Riau
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Lulus 2015

Sudah dipublikasikan di Riau Pos 6 Februari 2015

Sastra Dan Islam


Sastra Dan Islam
Ditulis oleh Herif De Rifhara
Mahasiswa S.2 UIN Suska Riau
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Lulus 2015

Sudah dipublikasikan di Riau Pos 6 Maret 2015

Saturday, February 9, 2019

Makalah Mahram Dalam Pernikahan & Hukum Nikah Sesuku


MATA KULIAH:

Ayat-Ayat Hukum Keluarga



Makalah:

Mahram







DISUSUN OLEH:
ARISMAN
diedit oleh: 
Herif De Rifhara,
 Bagian Sub Judul 
Nikah Sesuku dan Penyakit 'Ain


Dosen Pembimbing:
Dr. H. Mustafah Umar, Ma

Monday, January 28, 2019

Nak, Teruskan Perjuangan Abah!


Nak, Teruskan Perjuangan Abah!
(Telaah Buku Ombak Sekanak, Otobiografi Rida K Liamsi, Perspektif Pendidikan Islam)
Sudah diterbitkan di Riau Pos 4 Desember 2014

Ditulis oleh Herif De Rifhara, S.Pd.I, M.Pd.I

Friday, January 25, 2019

Makalah Macam-Macam Masa ‘Iddah


jika tulisannya tidak terlihat maka diblog atau dihitamkan saja
jangan lupa membaca catatan kaki makalah ini
MATA KULIAH:

Ayat-Ayat Hukum Keluarga



Makalah:

Macam-Macam Masa ‘Iddah











DISUSUN OLEH:



MUHAMMAD APRIL


Dosen Pembimbing:
Dr. H. Mustafah Umar, Ma

Sunday, November 9, 2014

Makalah Turki Utsmani. Berdiri, Kemajuan, Pendidikan dan Kehancurannya.

Oleh: Herif De Rifhara

Daftar Kepustakaan
Daftar Kepustakaan.............................................................................................. 1
Kata Pengantar...................................................................................................... 2
BAB I
A.    Latar Belakang.......................................................................................... 3
B.     Permasalahan............................................................................................. 4
BAB II
A.    Berdirinya Utsmaniyah............................................................................. 5
B.     Kemajuan Turki Utsmaniyah..................................................................... 8
C.     Pendidikan Di Masa Utsmaniyah.............................................................. 10
D.    Kehancuran Turki Utsmaniyah.................................................................. 11
BAB II
Kesimpulan dan Penutup...................................................................................... 15
Daftar Kepustakaan.............................................................................................. 16

Thursday, November 6, 2014

Makalah Pendidikan Nilai

Oleh Herif De Rifhara

Daftar Isi

Makalah Kelompok Khawarij

Makalah Kelompok Khawarij
Disusun Oleh Herif De Rifhara
Daftar Isi
Daftar Kepustakaan............ 1
Kata Pengantar............................................ 2

BAB I
   A.    Latar Belakang........... 3
   B.     Permasalahan.............. 3

BAB II
Pembahasan.................... 4
1.        Pengertian Khawarij......4
2.        Sejarah Berdirinya Kelompok  Khawarij....................... 5
3.        Tokoh-Tokoh Kelompok Khawarij.................................. 6
4.        Pemikiran- Pemikiran Kelompok Khawarij....................... 8
5.        Analisis Krisis Terhadap Berdirinya Kelompok Khawarij.........8

BAB III
Kesimpulan dan Penutup.................... 10

Daftar Kepustakaan.......................... 11

Makalah Teori Belajar-Mengajar, Teori Mengajar

Makalah Teori Belajar-Mengajar, Teori Mengajar
Oleh: Herif De Rifhara
DAFTAR ISI
Daftar Isi.......................................................................................................... 1
Kata Pengantar................................................................................................. 2
Pendahuluan..................................................................................................... 3
Pembahasan...................................................................................................... 3
Pengertian Mengajar............................................................................. 3
Macam-Macam Teori Mengajar......................................................................................... 4
1.      Teori Mengajar Bruner ............................................................. 4
2.          Teori Mengajar Ausubel.................................................................. 5
3.      Teori Mengajar Gagne............................................................... 6
Teori Mengajar Klasik dan Modern...................................................... 6
1.         Pendidikan klasik...................................................................... 7
2.         Pengajaran Pada Permulaan Dan Abad Pertengahan............ 8
3.         Pendidikan Memasuki Abad Modern........................................ 8
Kesimpulan dan Penutup.................................................................................. 9
Daftar Kepustakaan.......................................................................................... 10
  

Makalah Pengembangan Sains Dan Teknologi Dalam Prespektif Islam

Makalah Pengembangan Sains Dan Teknologi Dalam Prespektif Islam
Oleh Herif De Rifhara
 KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur hanya bagi Allah SWT.karena berkat rahmat dan nikmat-Nya lah kami dapat menyusun dan menyelesaikan makalah ini.

Shalawat dan salan tidak lupa pula kita kirimkan buat junjungan alam, yakni nabi Muhammad SAW.

Penyajian makalah ini bertujuan untuk mempermudah kita dalam memahami dan mempelajari tentang Pengembangan Sain dan Teknologi dalam perspektif Islam.

Makalah Sosialisasi Perkembangan Kedirian Dan Kepribadian

Makalah Sosialisasi Perkembangan Kedirian Dan Kepribadian
Oleh Herif De Rifhara

KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur hanya bagi Allah SWT.karena berkat rahmat dan nikmat-Nya lah kami dapat menyusun dan menyelesaikan makalah ini.
Shalawat dan salan tidak lupa pula kita kirimkan buat junjungan alam, yakni nabi Muhammad SAW.
Penyajian makalah ini bertujuan agar kita dapat lebih memahami tentang sosialisasi perkembangan diri dan kedirian. Semoga makalah ini dapat berguna bagi kita umat Islam untuk lebih dapat beribadah dengan baik kepada Allah SWT.

Makalah Metode Inquiri

Makalah Metode Inquiri
Oleh: Herif De Rifhara

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah Swt yang mengajarkan manusia dengan perantaraan kalam. Mengajarkan manusia dari yang tidak diketahuinya menjadi tahu tentang sesuatu hal dengan kalam tersebut. Selawat dan salam ke atas junjungan Nabi besar kita Muhammad Saw yang telah diutus oleh Allah Swt kepada seluruh alam. Semoga selawat dan salam juga tercurahkan ke atas keluarga, sahabat, dan pengikut-pengikut beliau, dan juga pengikut-pengikut beliau SAW, yang ada di akhir zaman.

Makalah Filsafat Anselmus

makalah FILSAFAT ANSELMUS
Oleh: Herif De Rifhara
Kata Pengantar
Tidak sedikit orang yang dibuat bingung tatkala berjumpa dengan istilah “abad pertengahan.” letak persoalannya pada kurun waktunya. Pertanyaannya, dari kapan hingga kapankah abad pertengahan itu sebenarnya?

Terlebih dahulu perlu kita tegaskan di sini, abad pertengahan lebih merupakan bagian dari sejarah peradaban Eropa. Itulah sebabnya orang-orang yang tidak mempelajari sejarah Eropa mudah memahaminya dengan rancu. Pada umumnya disepakati bahwa abad pertengahan meliputi kurun waktu antara abad 5 hingga abad 16, sekitar sebelas abad lamanya. Kurun waktu tersebut ditandai dengan bersatunya kembali daerah-daerah bekas Romawi Barat yang diprakarsai oleh raja Charlemagne sampai dengan munculnya monarki-monarki nasional di Eropa. (http://en.wikipedia.org/wiki/Middle_Ages)

Makalah Penjabaran Tujuan Pendidikan Nasional Menjadi Beberapa Standar Kompetensi

Makalah Penjabaran Tujuan Pendidikan Nasional Menjadi Beberapa Standar Kompetensi
Oleh: Herif De Rifhara
Kata Pengantar
           
Segala puji bagi Allah, Tuhan yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang membahayakan, baik yang di bumi maupun di langit. Dialah yang Maha Mendengar  dan Maha Mengetahui. Tuhan yang menciptakan manusia dengan segumpal darah yang mengajarkan manusia apa yang tidak diketahui manusia dengan perantaraan kalam

Makalah Pendidik Dalam Pendidikan Islam

Makalah Pendidik Dalam Pendidikan Islam
Oleh: Herif De Rifhara
Kata Pengantar
            Segala puji bagi Allah Swt, tuhan yang patut di sembah dan tiada yang bisa menandingi Dia yang maha segala maha, yang telah menciptkan manusia dengan bentuk sempurna dari makhluk-makhluk yang diciptakannya. Karena Dialah kami kelompok 7 dapat menyusun makalah Ilmu Pendidikan Islam ini dengan sekuat tenaga kami yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Makalah Dimaksud dengan, Realita Implementasi, Hambatan Implementasi dan Penerapan Kode Etik Guru Dalam Proses Pembelajaran

Makalah Dimaksud dengan, Realita Implementasi, Hambatan Implementasi dan Penerapan Kode Etik Guru Dalam Proses Pembelajaran
Oleh Herif De Rifhara
BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Guru merupakan sebuah profesi yang memiliki bidang tugas dan wilayah yang spesifik. Hal inilah yang diatur di dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dalam menjalankan tugas dan kewajibannya itu, guru hendaknya senantiasa mendasarkan diri kepada kode etik guru. Hal ini dimaksudkan supaya guru senantiasa bekerja secara profesional.

Makalah Masalah Inovasi Dalam Dunia Pendidikan dan Mengetahui Inovasi-inovasi Pendidikan

Makalah Masalah  Inovasi Dalam Dunia Pendidikan dan Mengetahui Inovasi-inovasi Pendidikan
Oleh: A. Almunawir
A.                 Pendahuluan
1.                 Latarbelakang
Perubahan adalah suatu bentuk yang wajar terjadi, bahkan para filosof berpendapat  bahwa tidak ada satupun di dunia ini yang abadi kecuali perubahan. Tampaknya perubahan ini merupakan sesuatu yang harus terjadi tetapi tidak jarang dihindari oleh manusia. Semua perubahan akan membawa resiko, tetapi strategi mempertahankan struktur suatu kurikulum tanpa perubahan akan membawa bencana dan malapetaka, sebab mengkondisikan kurikulum dalam posisi status quo menyebabkan pendidikan tertinggal dan generasi bangsa tersebut tidak dapat mengejar kemajuan yang diperoleh melalui perubahan. Dengan demikian, inovasi selalu dibutuhkan, terutama dalam bidang pendidikan, untuk mengatasi masalah-masalah yang tidak hanya terbatas masalah pendidikan tetapi juga masalah-masalah yang mempengaruhi kelancaran proses pendidikan.
          

Makalah Pengertian Metode, Dasar metode pendidikan Islam, Prinsip mengajar, Penggunaan metode, dan Macam-macam metode

Makalah Pengertian Metode, Dasar metode pendidikan Islam, Prinsip mengajar, Penggunaan metode, dan Macam-macam metode
Oleh: A. Almunawir
BAB I
PENDAHULUAN

Makalah Perilaku Guru Dalam Masyarakat Dalam Meningkatkan Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat

Makalah Perilaku Guru Dalam Masyarakat Dalam Meningkatkan Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat
Oleh: Herif De Rifhara
BAB I
PENDAHULUAN
Sekolah merupakan lembaga sosial yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat lingkungannya, sebaliknya masyarakat pun tidak dapat dipisahkan dari sekolah sebab keduanya memiliki kepentingan, sekolah merupakan lembaga formal yang diserahi mandat untuk mendidik, melatih, dan membimbing generasi muda bagi peranannya di masa depan, sementara masyarakat merupakan pengguna jasa pendidikan itu.

Makalah Tafsir Tarbawi Q.S Al-Maidah:50-51

Makalah Tafsir Tarbawi Q.S Al-Maidah:50-51

Oleh: A. Almunawir
BAB I
PENDAHULUAN

Surat Al-Maidah berisi 120 ayat. Ia masuk kategori surat Madaniyah (surat Medinah) walaupun sebenarnya disampaikan di Mekkah sewaktu nabi Muhammad baru menaklukkan kota itu (630M).

Makalah (Tafsir Tarbawi) Kecerdasan Jamak

Makalah Kecerdasan Jamak
Oleh: A. Almunawir

BAB I
PENDAHULUAN

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Gardner cs, ditemukan bahwa seseorang yang mengalami kecelakaan dan ternyata ada pengaruhnya terhadap otaknya. Misalnya, seseorang yang rusak ‘bagian’ depan otaknya, maka kecerdasan linguistiknya rusak, sehingga ia sukar berbicara, membaca, dan menulis, namun ia masih bisa melakukan matematika, menyanyi menari, dan berhubungan dengan orang lain. Gardner menyimpulkan bahwa ada paling tidak tujuh daerah yang otonom dalam sistem otak dan masing-masing mempengaruhi satu macam kecerdasan dan mempengaruhi keberadaan anak ’super’.

Makalah (Tafsir Tarbawi) Ayat-Ayat Tentang Kemampuan Dasar Manusia

Makalah Ayat-Ayat Tentang Kemampuan Dasar Manusia
Oleh: Herif De Rifhara

KATA PENGANTAR

            Puji syukur kepada Allah SWT, karena berkat rahmat, ‘inayah dan ma’unat-Nyalah penulisan makalah ini dapat diselesaikan. Adapun pembahasan dalam Makalah yang ditulis ini, mengenai Ayat-Ayat Tentang Kemampuan Dasar Manusia.

makalah memahami cara menetapkan indikator hasil belajar dan materi pelajaran, serta urgensinya

Oleh: Herif De Rifhara
                                      KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah Swt yang mengajarkan manusia dengan perantaraan kalam. Mengajarkan manusia dari yang tidak diketahuinya menjadi tahu tentang sesuatu hal dengan kalam tersebut. Selawat dan salam ke atas junjungan Nabi besar kita Muhammad Saw yang telah diutus oleh Allah Swt kepada seluruh alam. Semoga selawat dan salam juga tercurahkan ke atas keluarga, sahabat, dan pengikut-pengikut beliau, dan juga pengikut-pengikut beliau SAW, yang ada di akhir zaman.

Makalah Asal Usul Istilah Tasawuf

Makalah Asal Usul Istilah Tasawuf
Oleh: Herif De Rifhara
Kata Pengantar
                                                                                                                                   
Banyak kekurangan-kekurangan yang kami rasakan dalam penulisan Makalah yang kami kumpulkan dari berbagai sumber ini. Dikarenakan kami belum begitu paham tentang ilmu tasawuf itu. Ada yang mengatakan ilmu tasawuf adalah ilmu yang sesat dan haram apabila mempelajari tasawuf tersebut. Sehingga kami ragu untuk mengambil sumber yang mengatakan tasawuf sesat dan haram dipelajari. Walau demikian kami terus mencari sumber-sumber tentang ilmu tasawuf dari berbagai sumber, sampai pada ahkirnya kami dapat juga menyusun Makalah kelompok kami yang berjudul ASAL USUL ISTILAH TASAWUF SERTA DALIL-DALIL AL-QURAN dan HADITSNYA. Penjelasan tentang tasawuf selanjutnya akan dijelaskan oleh kelompok lain.