Thursday, November 6, 2014

Makalah Makna, Unsur, Dan Fungsi Media atau Alat Komunikasi

Makalah Makna, Unsur, Dan Fungsi Media atau Alat Komunikasi
Oleh: Herif De Rifhara

KATA PENGANTAR
           
Segala puji bagi Allah, Tuhan yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang membahayakan, baik yang di bumi maupun di langit. Dialah yang Maha Mendengar  dan Maha Mengetahui. Tuhan yang menciptakan manusia dengan segumpal darah yang mengajarkan manusia apa yang tidak diketahui manusia dengan media kalam. 


Salawat dan salam ke atas Nabi besar kita, Nabi yang terakhir yang di utus untuk menyampaikan dan mengajarkan ilmu, melalui media yang beliau terima dari Tuhannya untuk manusia. Semoga kita mendapatkan syafaat dari beliau, dari Nabi dan Rasul akhir zaman, Muhammad  Saw. Salawat dan salam semoga tercurahkan juga ke atas para keluarga, sahabat, dan pengikut-pengikut Nabi Muhammad Saw yang setia, sampai pengikut-pengikut beliau Saw yang ada di akhir zaman.
Adapun bahasan yang kami bahas dalam makalah ini adalah membahas Makna, Unsur, Dan Fungsi Media atau Alat Komunikasi, dalam mata kuliah Pengembangan Media Pengajaran, sebagai dosen pemimbing Bapak Drs. Abu Samah, MH.
Semoga apa yang kami susun ini bermanfaat bagi kita semua terutama bagi calon-calon guru yang akan terjun nantinya ke dunia pendidikan.

BAB I

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
            Pengaruh media dalam aktifitas belajar dan mengajar, sangat berpengaruh besar dalam dunia pendidikan, dikarenakan peran yang dipegang oleh media atau alat tersebut penting demi pemahaman peserta didik. Terutama media atau alat komunikasi yang berperan di setiap aktifitas manusia.

 “Pada dasarnya komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain (seperti guru kepada muridnya), sehingga yang menerima pesan itu memperoleh pemahaman yang sama seperti yang menyampaikan pesan, dengan suatu tujuan tertentu. Pesan itu dapat berupa konsep, maksud atau pendapat yang disampaikan melalui berbagai media seperti bahasa, tanda-tanda atau alat lain yang berfungsi serupa.” (Drs. Abu Samah, MH, 2010-2011:23).

Jadi komunikasi menurut kami adalah alat atau media yang menghubungkan individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan individu, yang saling pengaruh mempengaruhi. Dengan media komunikasi yang baik, segala tujuan-tujuan dan maksud-maksud tertentu Insya Allah terlaksana/terwujud. Menurut Drs Abu Samah. MH “Demikian pula komunikasi dalam interaksi edukatif atau pendidikan membutuhkan media, yang banyak dikenal dengan istilah media pendidikan atau yang umum disebut dengan alat bantu pengajaran. Dengan alat bantu tersebut (komunikasi) diharapkan tercapainya cita-cita pendidikan nasional.” (Drs. Abu Samah, MH, 2010-2011:23). Dan oleh karena itu, pendidik harus mengetahui makna Media Komunikasi dan Fungsi Media Komunikasi dalam pendidikan.

MASALAH
Dalam pembahasan yang tentunya berhubungan dengan pendidikan ini akan membahas mengenai Makna Media Komunikasi, dan Fungsi Media Komunikasi (dimulai dari Fungsi Edukatif, Sosial, Ekonomis, Politis, dan dalam Seni dan Budaya). Yang kami ringkas dari tulisan Drs. Abu Samah, MH, Media Dalam Pendidikan : 2010/2011.

TUJUAN
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan Media Pengajaran. Sebagai dosen pemimbing mata kuliah ini, Bapak Drs. Abu Samah, MH.

MANFAAT
            Selain untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan Media Pengajaran. Penyusunan makalah ini bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan calon pendidik yang nantinya akan terjun ke dunia pendidikan. Calon pendidik yang akan terjun ke dunia pendidikan harus mengetahui media dalam pembelajaran, dan media tersebut dalam makalah ini adalah media atau alat komunikasi. Jadi calon pendidik harus mengetahui, memahami, serta memilih komunikasi yang baik dalam peroses belajar dan mengajar, nantinya.



*******
BAB II

PEMBAHASAN
1.         MAKNA DAN UNSUR MEDIA KOMUNIKASI
            Terjadinya berbagai komunikasi dalam masyarakat, maka kelompok-kelompok sosial masyarakat melakukan berbagai kegiatan atau tingkah laku sosial yang memungkinkan tercapai tujuan-tujuan tertentu sesuai dengan kehendak kelompok masyarakat yang bersangkutan. Bentuk-bentuk komunikasi itu berlaku dalam semua bentuk hubungan sosial sesuai dengan struktur dan fungsi masyarakat masing-masing. Demikian pulalah hal itu berlangsung pada masyarakat sekolah dalam bentuk komunikasi interaksi edukatif antara murid dan guru.

            Kalau dianalisis, sekurang-kurangnya terdapat tiga unsur untuk mewujudkan komunikasi yang dimaksud, yaitu:
1.     Sumber (a source)
2.     Pesan (the message) dan
3.     Tujuan (the destination)
Sehubungan dengan teori tentang proses komunikasi tersebut Wilbur Schramm menggunakan empat macam istilah yaitu:
(1)   Message adalah hal-hal yang merupakan kabar atau berita, penerangan-penerangan, pertanyaan-pertanyaan dan sebagainya.
(2)   Decoder adalah orang atau pihak yang menerima kabar atau berita (message).
(3)   Interpreter adalah orang atau siswa (decorder) yang kemudian mengadakan pertimbangan-pertimbangan atau penafsiran-penafsiran dan sebagainya atas message yang diterima.
(4)   Endecoder adalah decoder (siswa) yang bertindak menyampaikan hasil-hasil dari pada interpretasinya atau penafsiran-penafsirannya tadi.

Hasil-hasil interpretasi tersebut kembali lagi sebagi message yang selanjutnya message itu diteruskan kepada decorder. Decorder kemudian mengadakan interpretasi lagi (interpreter) dan selanjutnya interpreter ini mengkode kembali message tadi (encoder) demikian seterusnya berlangsung.

Peningkatan dan pengembangan pendidikan amat bergantung kepada faktor penunjang yaitu sarana dan prasarana. Dengan kata lain bahwa interaksi komunikasi edukatif dimungkinkan berjalan dengan lancar dan mencapai hasil maksimal jika menggunkan media komunikasi.

2.         FUNGSI MEDIA KOMUNIKASI
Begitu banyaknya fungsi media komunikasi, diantara fungsi media komunikasi yang dimasksud adalah fungsi edukatif, sosial, ekonomis, politis, dan fungsi sebagai seni budaya.
a.         Fungsi Media Sebagai Edukatif
            Fungsi edukatif yang dimaksud disini adalah fungsi dalam mendidik. Mendidik merupakan fungsi utama dari media komunikasi yang memberikan pengaruh-pengaruh yang bersifat mendidik atau mengandung unsur-unsur pendidikan dan diarahkan untuk mencapi tujuan-tujuan pembangunan masyarakat. Pendidikan berlangsung pada semua interaksi sosial baik formal maupun non formal. 

Media pendidikan, bukan saja dapat digunakan sebagai alat bantu pengajaran, melainkan juga ikut membentuk pengalaman-pengalaman baru yang penuh makna bagi siswa. Secara keseluruhan media pendidikan baik langsung maupun tidak langsung merupakan sumber pengalaman belajar dan berfungsi mendidik.

b.         Fungsi Media Komunikasi Secara Sosial
            Media komunikasi selain memberikan informasi dan pengalaman dalam berbagai bidang kehidupan juga meratakan konsep atau pengertian kepada setiap orang yang berkomunikasi. Pengaruh pemerataan ini akan memperluas pergaulan, pengenalan dan pengalaman tentang manusia dan segala hal-hal yang bersangkut paut dengannya, seperti adat istiadat, cara bergaul, daerah tempat tinggal dan sebagainya.

            Dengan adanya fungsi sosial tersebutlah maka pembangunan sarana media komunikasi massa seperti radio, televisi dan internet mendapat prioritas, karena jangkauan yang luas dan merata, khususnya dalam abad teknologi sekarang ini. Pengaruh teknologi komunikasi tersebut sangat besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam rangka mempersatukan dan membina saling pengertian di antara para anggota masyarakat bangsa dalam arti sosial. Dengan demikian, media komunikasi merupakan alat sosialisasi untuk menyatukan pandangan hidup dan meratakan berbagai konsep dari berbagai bidang kehidupan masyarakat bangsa.

c.         Fungsi Media Komunikasi Secara Ekonomis
            Dapat dilihat pada dunia industri dan perdagangan. Media komunikasi untuk mempengaruhi massa (konsumen). Media komonikasi telah memberikan sumbangan yang besar terhadap keberhasilan para usahawan dalam rangka mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya.

            Dengan demikian media komunikasi telah dipakai secara cermat, baik dalam meningkatkan produksi melalui pembinaan prestasi kerja maupun dalam rangka promosi dan pemasaran produksi keberbagai penjuru dunia. Dalam dunia pendidikan telah menikmati nilai ekonomis tersebut.

d.         Fungsi Media Secara Politis
            Yang dimaksud disini adalah politik pembangunan bangsa, baik pembangunan fisik meteril maupun pembangunan mental spiritual.

            Media komnikasi digunakan oleh penguasa pendidikan untuk menyatukan pandangan pengajaran, sehingga antara pusat dan daerah sampai kelembaga pendidikan tidak terdapat perbedaan atau penyimpangan-penyimpangan yang berarti dalam pelaksanaan pengajaran.

e.         Fungsi Media Komunikasi dalam Seni dan Budaya
            Dengan kemajuan ilmu dan teknologi yang sangat cepat bukan saja telah memungkinkan timbulnya ciptaan-ciptaan baru yang merupakan ciri dari perkembangan kemajuan seni budaya manusia, melainkan juga sekaligus telah meningkatkan taraf kesejahteraan umat manusia. Ciptaan-ciptaan baru itu berlagu juga dalam bidang teknologi kemediaan, sehingga dewasa ini banyak dapat dijumpai alat-alat yang modern yang dapat memberikan efisiensi dan efektifitas yang tinggi dalam bidang komunikasi.

            Dengan menggunakan media yang canggih, maka penyebaran seni budaya dimungkinkan berkembang secara cepat dan mantap sehingga perubahan-perubahan kehidupan dalam hampir dalam segi kebudayaan manusia tidak dapat ditahan-tahan lagi. Proses interaksi telah berlangsung sedemikian rupa seolah-olah dunia ini telah menjadi bertambah sempit dan dinding-dinding pembatas bangsa menjadi goyah karenanya.
            Dalam bidang pendidikan hal itu memungkinkan siswa dapat menangkap dan mengenal bermacam-macam seni budaya manusia, melainkan juga dapat mendorong siswa untuk mencipta dan menyesuaikan dirinya dengan berbagai perubahan yang amat cepat datangnya karena kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
BAB III

PENUTUP

            Dengan adanya komonikasi, memungkinkan kegiatan belajar dan mengajar baik di sekolah maupun di luar sekolah berjalan lancar, dan cita-cita bangsa ini pun tercapai. Apalagi dengan adanya teknologi komunikasi yang semakin cermelang yang karenanya membantu kegiatan pendidikan manusia berjalan baik.

KESIMPULAN DAN PENUTUP
Media komunikasi merupakan hal yang terpenting bagi kehidupan manusia, disegala aspek aktivitas manusia tersebut. Tidak hanya manusia tetapi juga makhluk-makhluk lain, membutuhkan media atau alat komunikasi untuk menyampaikan apa yang hendak disampaikannya, atau disebut dengan menyampaikan pesan. Menurut Drs. Abu Samah. MH, “Pesan itu dapat berupa konsep, maksud atau pendapat yang disampaikan melalui berbagai media seperti bahasa, tanda-tanda atau alat-alat lain yang berfungsi serupa. (Drs. Abu Samah, MH, 2010-2011:23).

Demikianlah pembahasan makalah kami yang diringkas semuanya dari buku tulisan Drs Abu Samah, MH, buku yang berjudul Media Dalam Pendidikan. Kritik dan saran kami harapkan dari pembaca, agar kedepan kami bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang ada sekarang ini.


DAFTAR KEPUSTAKAAN

Diringkas sepenuhnya dari buku karangan Drs. Abu Samah, MH, Media Dalam Pendidikan, (FAI UIR : 
               2010/2011).

No comments: