Thursday, November 6, 2014

Makalah Pendidikan Nilai

Oleh Herif De Rifhara

Daftar Isi

Makalah Kelompok Khawarij

Makalah Kelompok Khawarij
Disusun Oleh Herif De Rifhara
Daftar Isi
Daftar Kepustakaan............ 1
Kata Pengantar............................................ 2

BAB I
   A.    Latar Belakang........... 3
   B.     Permasalahan.............. 3

BAB II
Pembahasan.................... 4
1.        Pengertian Khawarij......4
2.        Sejarah Berdirinya Kelompok  Khawarij....................... 5
3.        Tokoh-Tokoh Kelompok Khawarij.................................. 6
4.        Pemikiran- Pemikiran Kelompok Khawarij....................... 8
5.        Analisis Krisis Terhadap Berdirinya Kelompok Khawarij.........8

BAB III
Kesimpulan dan Penutup.................... 10

Daftar Kepustakaan.......................... 11

Makalah Teori Belajar-Mengajar, Teori Mengajar

Makalah Teori Belajar-Mengajar, Teori Mengajar
Oleh: Herif De Rifhara
DAFTAR ISI
Daftar Isi.......................................................................................................... 1
Kata Pengantar................................................................................................. 2
Pendahuluan..................................................................................................... 3
Pembahasan...................................................................................................... 3
Pengertian Mengajar............................................................................. 3
Macam-Macam Teori Mengajar......................................................................................... 4
1.      Teori Mengajar Bruner ............................................................. 4
2.          Teori Mengajar Ausubel.................................................................. 5
3.      Teori Mengajar Gagne............................................................... 6
Teori Mengajar Klasik dan Modern...................................................... 6
1.         Pendidikan klasik...................................................................... 7
2.         Pengajaran Pada Permulaan Dan Abad Pertengahan............ 8
3.         Pendidikan Memasuki Abad Modern........................................ 8
Kesimpulan dan Penutup.................................................................................. 9
Daftar Kepustakaan.......................................................................................... 10
  

Makalah Pengembangan Sains Dan Teknologi Dalam Prespektif Islam

Makalah Pengembangan Sains Dan Teknologi Dalam Prespektif Islam
Oleh Herif De Rifhara
 KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur hanya bagi Allah SWT.karena berkat rahmat dan nikmat-Nya lah kami dapat menyusun dan menyelesaikan makalah ini.

Shalawat dan salan tidak lupa pula kita kirimkan buat junjungan alam, yakni nabi Muhammad SAW.

Penyajian makalah ini bertujuan untuk mempermudah kita dalam memahami dan mempelajari tentang Pengembangan Sain dan Teknologi dalam perspektif Islam.

Makalah Sosialisasi Perkembangan Kedirian Dan Kepribadian

Makalah Sosialisasi Perkembangan Kedirian Dan Kepribadian
Oleh Herif De Rifhara

KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur hanya bagi Allah SWT.karena berkat rahmat dan nikmat-Nya lah kami dapat menyusun dan menyelesaikan makalah ini.
Shalawat dan salan tidak lupa pula kita kirimkan buat junjungan alam, yakni nabi Muhammad SAW.
Penyajian makalah ini bertujuan agar kita dapat lebih memahami tentang sosialisasi perkembangan diri dan kedirian. Semoga makalah ini dapat berguna bagi kita umat Islam untuk lebih dapat beribadah dengan baik kepada Allah SWT.

Makalah Metode Inquiri

Makalah Metode Inquiri
Oleh: Herif De Rifhara

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah Swt yang mengajarkan manusia dengan perantaraan kalam. Mengajarkan manusia dari yang tidak diketahuinya menjadi tahu tentang sesuatu hal dengan kalam tersebut. Selawat dan salam ke atas junjungan Nabi besar kita Muhammad Saw yang telah diutus oleh Allah Swt kepada seluruh alam. Semoga selawat dan salam juga tercurahkan ke atas keluarga, sahabat, dan pengikut-pengikut beliau, dan juga pengikut-pengikut beliau SAW, yang ada di akhir zaman.

Makalah Filsafat Anselmus

makalah FILSAFAT ANSELMUS
Oleh: Herif De Rifhara
Kata Pengantar
Tidak sedikit orang yang dibuat bingung tatkala berjumpa dengan istilah “abad pertengahan.” letak persoalannya pada kurun waktunya. Pertanyaannya, dari kapan hingga kapankah abad pertengahan itu sebenarnya?

Terlebih dahulu perlu kita tegaskan di sini, abad pertengahan lebih merupakan bagian dari sejarah peradaban Eropa. Itulah sebabnya orang-orang yang tidak mempelajari sejarah Eropa mudah memahaminya dengan rancu. Pada umumnya disepakati bahwa abad pertengahan meliputi kurun waktu antara abad 5 hingga abad 16, sekitar sebelas abad lamanya. Kurun waktu tersebut ditandai dengan bersatunya kembali daerah-daerah bekas Romawi Barat yang diprakarsai oleh raja Charlemagne sampai dengan munculnya monarki-monarki nasional di Eropa. (http://en.wikipedia.org/wiki/Middle_Ages)

Makalah Penjabaran Tujuan Pendidikan Nasional Menjadi Beberapa Standar Kompetensi

Makalah Penjabaran Tujuan Pendidikan Nasional Menjadi Beberapa Standar Kompetensi
Oleh: Herif De Rifhara
Kata Pengantar
           
Segala puji bagi Allah, Tuhan yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang membahayakan, baik yang di bumi maupun di langit. Dialah yang Maha Mendengar  dan Maha Mengetahui. Tuhan yang menciptakan manusia dengan segumpal darah yang mengajarkan manusia apa yang tidak diketahui manusia dengan perantaraan kalam

Makalah Pendidik Dalam Pendidikan Islam

Makalah Pendidik Dalam Pendidikan Islam
Oleh: Herif De Rifhara
Kata Pengantar
            Segala puji bagi Allah Swt, tuhan yang patut di sembah dan tiada yang bisa menandingi Dia yang maha segala maha, yang telah menciptkan manusia dengan bentuk sempurna dari makhluk-makhluk yang diciptakannya. Karena Dialah kami kelompok 7 dapat menyusun makalah Ilmu Pendidikan Islam ini dengan sekuat tenaga kami yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Makalah Dimaksud dengan, Realita Implementasi, Hambatan Implementasi dan Penerapan Kode Etik Guru Dalam Proses Pembelajaran

Makalah Dimaksud dengan, Realita Implementasi, Hambatan Implementasi dan Penerapan Kode Etik Guru Dalam Proses Pembelajaran
Oleh Herif De Rifhara
BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Guru merupakan sebuah profesi yang memiliki bidang tugas dan wilayah yang spesifik. Hal inilah yang diatur di dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dalam menjalankan tugas dan kewajibannya itu, guru hendaknya senantiasa mendasarkan diri kepada kode etik guru. Hal ini dimaksudkan supaya guru senantiasa bekerja secara profesional.

Makalah Masalah Inovasi Dalam Dunia Pendidikan dan Mengetahui Inovasi-inovasi Pendidikan

Makalah Masalah  Inovasi Dalam Dunia Pendidikan dan Mengetahui Inovasi-inovasi Pendidikan
Oleh: A. Almunawir
A.                 Pendahuluan
1.                 Latarbelakang
Perubahan adalah suatu bentuk yang wajar terjadi, bahkan para filosof berpendapat  bahwa tidak ada satupun di dunia ini yang abadi kecuali perubahan. Tampaknya perubahan ini merupakan sesuatu yang harus terjadi tetapi tidak jarang dihindari oleh manusia. Semua perubahan akan membawa resiko, tetapi strategi mempertahankan struktur suatu kurikulum tanpa perubahan akan membawa bencana dan malapetaka, sebab mengkondisikan kurikulum dalam posisi status quo menyebabkan pendidikan tertinggal dan generasi bangsa tersebut tidak dapat mengejar kemajuan yang diperoleh melalui perubahan. Dengan demikian, inovasi selalu dibutuhkan, terutama dalam bidang pendidikan, untuk mengatasi masalah-masalah yang tidak hanya terbatas masalah pendidikan tetapi juga masalah-masalah yang mempengaruhi kelancaran proses pendidikan.
          

Makalah Pengertian Metode, Dasar metode pendidikan Islam, Prinsip mengajar, Penggunaan metode, dan Macam-macam metode

Makalah Pengertian Metode, Dasar metode pendidikan Islam, Prinsip mengajar, Penggunaan metode, dan Macam-macam metode
Oleh: A. Almunawir
BAB I
PENDAHULUAN

Makalah Perilaku Guru Dalam Masyarakat Dalam Meningkatkan Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat

Makalah Perilaku Guru Dalam Masyarakat Dalam Meningkatkan Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat
Oleh: Herif De Rifhara
BAB I
PENDAHULUAN
Sekolah merupakan lembaga sosial yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat lingkungannya, sebaliknya masyarakat pun tidak dapat dipisahkan dari sekolah sebab keduanya memiliki kepentingan, sekolah merupakan lembaga formal yang diserahi mandat untuk mendidik, melatih, dan membimbing generasi muda bagi peranannya di masa depan, sementara masyarakat merupakan pengguna jasa pendidikan itu.

Makalah Tafsir Tarbawi Q.S Al-Maidah:50-51

Makalah Tafsir Tarbawi Q.S Al-Maidah:50-51

Oleh: A. Almunawir
BAB I
PENDAHULUAN

Surat Al-Maidah berisi 120 ayat. Ia masuk kategori surat Madaniyah (surat Medinah) walaupun sebenarnya disampaikan di Mekkah sewaktu nabi Muhammad baru menaklukkan kota itu (630M).

Makalah (Tafsir Tarbawi) Kecerdasan Jamak

Makalah Kecerdasan Jamak
Oleh: A. Almunawir

BAB I
PENDAHULUAN

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Gardner cs, ditemukan bahwa seseorang yang mengalami kecelakaan dan ternyata ada pengaruhnya terhadap otaknya. Misalnya, seseorang yang rusak ‘bagian’ depan otaknya, maka kecerdasan linguistiknya rusak, sehingga ia sukar berbicara, membaca, dan menulis, namun ia masih bisa melakukan matematika, menyanyi menari, dan berhubungan dengan orang lain. Gardner menyimpulkan bahwa ada paling tidak tujuh daerah yang otonom dalam sistem otak dan masing-masing mempengaruhi satu macam kecerdasan dan mempengaruhi keberadaan anak ’super’.

Makalah (Tafsir Tarbawi) Ayat-Ayat Tentang Kemampuan Dasar Manusia

Makalah Ayat-Ayat Tentang Kemampuan Dasar Manusia
Oleh: Herif De Rifhara

KATA PENGANTAR

            Puji syukur kepada Allah SWT, karena berkat rahmat, ‘inayah dan ma’unat-Nyalah penulisan makalah ini dapat diselesaikan. Adapun pembahasan dalam Makalah yang ditulis ini, mengenai Ayat-Ayat Tentang Kemampuan Dasar Manusia.

makalah memahami cara menetapkan indikator hasil belajar dan materi pelajaran, serta urgensinya

Oleh: Herif De Rifhara
                                      KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah Swt yang mengajarkan manusia dengan perantaraan kalam. Mengajarkan manusia dari yang tidak diketahuinya menjadi tahu tentang sesuatu hal dengan kalam tersebut. Selawat dan salam ke atas junjungan Nabi besar kita Muhammad Saw yang telah diutus oleh Allah Swt kepada seluruh alam. Semoga selawat dan salam juga tercurahkan ke atas keluarga, sahabat, dan pengikut-pengikut beliau, dan juga pengikut-pengikut beliau SAW, yang ada di akhir zaman.

Makalah Asal Usul Istilah Tasawuf

Makalah Asal Usul Istilah Tasawuf
Oleh: Herif De Rifhara
Kata Pengantar
                                                                                                                                   
Banyak kekurangan-kekurangan yang kami rasakan dalam penulisan Makalah yang kami kumpulkan dari berbagai sumber ini. Dikarenakan kami belum begitu paham tentang ilmu tasawuf itu. Ada yang mengatakan ilmu tasawuf adalah ilmu yang sesat dan haram apabila mempelajari tasawuf tersebut. Sehingga kami ragu untuk mengambil sumber yang mengatakan tasawuf sesat dan haram dipelajari. Walau demikian kami terus mencari sumber-sumber tentang ilmu tasawuf dari berbagai sumber, sampai pada ahkirnya kami dapat juga menyusun Makalah kelompok kami yang berjudul ASAL USUL ISTILAH TASAWUF SERTA DALIL-DALIL AL-QURAN dan HADITSNYA. Penjelasan tentang tasawuf selanjutnya akan dijelaskan oleh kelompok lain.

Makalah Makna, Unsur, Dan Fungsi Media atau Alat Komunikasi

Makalah Makna, Unsur, Dan Fungsi Media atau Alat Komunikasi
Oleh: Herif De Rifhara

KATA PENGANTAR
           
Segala puji bagi Allah, Tuhan yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang membahayakan, baik yang di bumi maupun di langit. Dialah yang Maha Mendengar  dan Maha Mengetahui. Tuhan yang menciptakan manusia dengan segumpal darah yang mengajarkan manusia apa yang tidak diketahui manusia dengan media kalam. 

Makalah Isi Dan Arti Filsafat

Makalah Isi Dan Arti Filsafat
Oleh Herif De Rifhara
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah Swt, Tuhan yang menciptakan akal, sehingga kita dapat berpikir akan keindahan, dan kebijaksanaan-Nya yang Maha Agung terhadap alam semesta. Puji-pujian hanya diperuntukkan pada-Nya, karena Dia sang Maha pencipta, menciptakan manusia, menciptakan benda-benda lainnya yang ada di jagat raya. Dan tersebab kasih serta cinta-Nya, Allah Swt menciptakan kebijaksanaan-kebijaksanaan yang dituangkan-Nya dalam kitab-kitab-Nya yang diturunkan, agar manusia tidak terombang-ambing tersebab kemampuan akal yang kurang.

Makalah Pengertian MBS, Mengapa MBS, Mengapa perlu MBS, Tujuan MBS, dan Manfaat MBS

Pengertian MBS, Mengapa MBS, Mengapa perlu MBS, Tujuan MBS, dan Manfaat MBS
Oleh: Herif De Rifhara

KATA PENGANTAR

Makalah Inovasi Pendidikan, Model Pembelajaran Di Indonesia, Faktor-Faktor Yang Diperhatikan Dalam Inovasi Pendidikan

Makalah Inovasi Pendidikan, Model Pembelajaran Di Indonesia, Faktor-Faktor Yang Diperhatikan Dalam Inovasi Pendidikan
Oleh: Herif De Rifhara
KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat-NYA kepada kami sehingga makalah ini selesai tanpa ada halangan sesuatu apapun.     

Makalah Pengertian, Objek Pembahasan Ilmu, Objek Ilmu, Tujuan Ilmu, & Ruang Lingkup Ushul Fiqh

Makalah Pengertian, Objek Pembahasan Ilmu, Objek Ilmu, Tujuan Ilmu, & Ruang Lingkup Ushul Fiqh
Oleh: Herif De Rifhara
KATA PENGANTAR
Bertafaqquh fiddin artinya memperdalam ilmu pengetahuan dalam bidang hukum-hukum agama. Oleh karena demikian sebagian kaum muslimin harus pergi menuntut ilmu agama islam guna disampaikan pula kepada saudara-saudaranya yang belum mengerti tentang islam. Kaum muslimin harus bertafaqquh artinya memperdalam pengetahuan dalam hukum-hukum agama baik dalam bidang aqaid dan akhlaq maupun dalam bidang ibadat dan mu’amalat. Untuk itulah kami menyusun makalah Ushul Fiqh guna menyampaikan ilmu kami yang sedikit ini kepada pembaca makalah tentang hukum-hukum islam berkaitan dengan kehidupan manusia sehari-hari.

Makalah Langkah-Langkah Bimbingan Dan Konseling (Penyuluhan)

Makalah Langkah-Langkah Bimbingan Dan Konseling (Penyuluhan)
Oleh: Herif De Rifhara

PENDAHULUAN
            Setelah mengetahui apa pengertian bimbingan dan konseling (peyuluhan). Seorang  konselor harus mengetahui langkah-langkah bimbingan dan konseling, dalam arti mengetahui cara apa saja yang dilewati seorang konselor menghadapi siswa yang bermasalah. 

Makalah Pengertian, Penggolongan, Kelebihan Dan Kelemahan Tes Obyektif

Makalah Pengertian, Penggolongan, Kelebihan Dan Kelemahan Tes Obyektif
Oleh: Herif De Rifhara
PENDAHULUAN
Dalam pertemuan yang lalu dalam mata kuliah ini, kita telah mengetahui tentang pengertian Evaluasi Pembelajaran, yaitu salah satunya menurut seorang tokoh yakni Davies yang dikutip oleh situs ktiptk.blogspirit.com mengemukakan bahwa “evaluasi merupakan proses untuk memberikan atau menetapkan nilai kepada sejumlah tujuan, kegiatan, keputusan, unjuk kerja, proses, orang, maupun objek (Davies, 1981:3). Masih dalam kutipan situs yang sama yaitu menurut Wand dan Brown, “evaluasi merupakan suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu” (dalam Nurkancana, 1986:1).( ktiptk.blogspirit.com).

Makalah Manusia Sebagai Konselor dan Sasaran Konseling Dalam Pendidikan

Makalah Manusia Sebagai Konselor dan Sasaran Konseling Dalam Pendidikan
Oleh: Herif De Rifhara
PENDAHULUAN
Di dalam pendidikan tidak terlepas dari ilmu yang membahas mengenai prilaku manusia, agar proses pendidikan tersebut berjalan lancar. Sejalan dengan itu pula masalah pendidikan ini tidak terlepas dari ilmu bimbingan dan konseling yang membimbing manusia secara khusus untuk menyelesaikan permasalahan hidupnya. “Bimbingan didefenisikan sebagai suatu proses membantu individu untuk memahami dirinya dan dunianya,” sedangkan “konseling adalah hubungan timbal balik di antara dua orang individu, di mana yang seorang (ialah konselor) berusaha membantu yang lain (ialah klien) untuk mencapai atau mewujudkan pemahaman tentang dirinya sendiri dalam kaitannya dengan masalah atau kesulitan yang diahadapinya pada saat ini dan pada waktu mendatang.” (Dewa Ketut Sukardi, :168-169).